Inserieselectronics

Inserieselectronics

Panel Surya Portable - Inserieselectronics dalah perusahaan yang bergerak di bidang penjualan panel surya portable di dunia Panel Surya Pembangkit Listrik Tenaga Surya Pembangkit listrik tenaga surya adalah pembangkit listrik yang mengubah energi surya menjadi energi listrik. Pembangkitan listrik bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung menggunakan fotovoltaik dan secara tidak langsung dengan pemusatan energi surya. Fotovoltaik mengubah secara langsung energi cahaya menjadi listrik menggunakan efek fotoelektrik.
inserieselectronics - panel surya

Pemusatan energi surya menggunakan sistem lensa atau cermin dikombinasikan dengan sistem pelacak untuk memfokuskan energi matahari ke satu titik untuk menggerakan mesin kalor. Pembangkit listrik tenaga surya tipe fotovoltaik adalah pembangkit listrik yang menggunakan perbedaan tegangan akibat efek fotoelektrik untuk menghasilkan listrik. Solar panel terdiri dari 3 lapisan, lapisan panel P di bagian atas, lapisan pembatas di tengah, dan lapisan panel N di bagian bawah.

Efek fotoelektrik adalah di mana sinar matahari menyebabkan elektron di lapisan panel P terlepas, sehingga hal ini menyebabkan proton mengalir ke lapisan panel N di bagian bawah dan perpindahan arus proton ini adalah arus listrik.

Inserieselectronics

Menggunakan listrik dari tenaga surya di rumah? Wah menarik juga, tapi bukankah itu solusi yang mahal? Kan, PLN sudah menyediakan listrik yang lumayan murah. Lalu apa untungnya buat saya kalau menggunakan listrik ‘buatan sendiri'?
inserieselectronics - downlight panel surya
Semua tergantung dari kebutuhan yakni digunakan untuk apa PLTS ( pembangkit listrik tenaga surya ) yang kita pasang. Jika untuk mengcover seluruh peralatan rumah tangga pada umumnya saat ini, memang masih dapat dibilang kurang terjangkau dan sesuai. Saat ini untuk menggunakan PLTS, perlu dibuatkan skala prioritas terlebih dulu. Dan berikut beberapa pertanyaan mendasarnya. Dimanakah saya tinggal ?

Jika tidak ada atau akses PLNnya kurang baik (listrik PLN sering mati), PLTS bisa menjadi salah satu solusi sebagai sumber energi. Nah, bagaimana jika akses PLNnya inserieselectronics sudah baik? Tentunya, untuk biaya jangka pendek, penggunaan PLN masih lebih murah sehingga jika kalkulasi biaya sebagai tujuan untuk mendapatkan yang lebih "murah", nampaknya PLTS masih belum dapat menjadi solusi karena PLTS masih bersifat investasi dimana membeli listrik beberapa tahun ke depan untuk dikonsumsi saat ini.
inserieselectronics - downlight panel surya

Apa keuntungan menggunakan listrik dengan solar panel? Mengurangi biaya listrik jangka panjang (inget loh, kita kan pakai listrik seumur hidup!) Mengurangi ketergantungan pada listrik dari batubara (horeee...emisi karbon saya turun!) Menghindari dampak pemadaman saat harus mengejar deadline, sementara komputer tidak bisa dinyalakan :-) Sedikit pamer ke teman-teman kita bahwa kita sudah bergabung dengan komunitas pengguna solar panel sedunia! (huhuuuyy..coolll..!!!) Turut mengurangi pemanasan global karena sistem solarpanel menghasilkan energi yang ramah lingkungan yang tidak menyebabkan polusi.

Inserieselectronics

Tapi kenapa pakai solar panel sih? Mayoritas listrik yang digunakan di Indonesia berasal dari pembangkit listrik dengan bahan baku batubara. Masalahnya, dari proses ini dikeluarkan banyak emisi inserieselectronics karbon yang merupakan sumber terbesar penyebab terjadinya pemanasan global (global warming). Sementara, permintaan kita untuk listrik makin hari makin besar. Coba lihat berapa alat di rumah kita yang tidak bisa berjalan tanpa listrik, dari lampu, telepon genggam, TV, hingga AC dan kulkas. Belum lagi penggunaan listrik yang boros. Akibatnya, pembangkit listrik kita tidak mampu lagi untuk memberikan listrik sebesar permintaannya. Makanya pemadaman makin sering terjadi. Di sisi lain, kita kan tinggal di negara yang kaya akan cahaya matahari yang dibuktikan secara geografis letak Indonesia di Garis Khatulistiwa sekaligus sebagai Negara Tropis. Kenapa gak kita maksimalkan saja penggunaan cahaya matahari yang diberikan gratis oleh Tuhan. Sebelum membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), kita harus mengetahui komponen apa saja yang dibutuhkan dalam membuat Pembangkit Listrik Tenaga Surya, dan komponen yang dibutuhkan adalah sebagai berikut: Panel suya/solar module/PV Solar Charge Controller Battery/Accu Inverter Dc to AC (di gunakan untuk menghidupkan alat-alat yang tegangan input nya 220V, seperti TV,Radio,Kulkas,dan lain-lain). Jakarta - Harga panel surya di Indonesia saat ini berada di kisaran US$ 1/Watt peak (Wp) atau US$ 1.000/kilowatt peak (kWp). Tiga tahun lalu, harga solar panel masih sekitar US$ 1.500/kWp, jadi sudah menurun sekitar 30% dalam 3 tahun. Jika dikonversi dalam rupiah, harga panel surya dengan kapasitas 1 kWp sekitar Rp 13,2 juta.

Inserieselectronics

Ditambah biaya instalasi di atap rumah, biayanya sekitar Rp 15 juta/kWp. Untuk kebutuhan listrik rumah tangga, kira-kira perlu 1-2 kWp alias 1.000-2.000 Watt peak (Wp). Sekarang sudah semakin banyak rumah-rumah yang memakai panel surya di atap untuk memenuhi kebutuhan listrik pada siang hari. Tapi pemakainya masih terbatas di masyarakat kelas menengah atas. Sebab, biaya yang dibutuhkan setidaknya Rp 15 juta, belum terjangkau masyarakat Indonesia pada umumnya. Meski demikian, uang yang diinvestasikan untuk memasang panel surya bisa segera kembali dalam 4 tahun. Panel surya memberi manfaat langsung berupa penghematan tagihan listrik. "Pasang solar panel 1 kWp biayanya sekitar Rp 15 juta. Tapi dengan listrik yang diproduksi inserieselectronics panel surya, tagihan listrik PLN jadi turun.
inserieselectronics - downlight panel surya

Kira-kira 7 tahun bisa balik modal," kata Ketua Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), Arya Rezavidi, kepada detikFinance, Jumat (15/9/2017). Baca juga: Modal Rp 15 Juta Dapat Listrik 1.000 W/Hari dari Matahari, Mau? Panel surya dengan kapasitas 1 kWp dapat menghasilkan listrik selama 8 jam dari pukul 08.00 sampai 16.00. Dengan intensitas sinar matahari di Jakarta, total yang dihasilkan kurang lebih 3,5 kWh. Maka konsumsi listrik dari PLN berkurang 3,5 kWh per hari atau setara dengan Rp 5.000 (tarif listrik PLN Rp 1.400/kWh). Berarti dalam sebulan, tagihan listrik berkurang Rp 150.000. Di daerah-daerah lain yang sinar mataharinya lebih kuat, misalnya Nusa Tenggara Timur (NTT), listrik yang dihasilkan bisa sampai 4-4,5 kWh per hari. "Kalau listrik dari panel surya dipakai 3,5 jam per hari saja, menghasilkan listrik 3,5 kWh, maka dalam sebulan jadi sekitar 100 kWh.

Penghematannya adalah 100 dikali Rp 1.400/kWh (tarif listrik PLN), itu yang dihemat," paparnya. Di tahun ke-8 dan seterusnya, pemilik rumah sudah menikmati keuntungan dari panel surya. Energi dari sinar matahari tentu tak akan habis, hanya mahal di awal saja tapi selanjutnya sangat murah, dan tidak menghasilkan polusi seperti halnya energi fosil. Baca juga: Pasang Panel Surya, Tagihan Listrik Bisa Hemat Rp 1 Juta/Bulan Arya menambahkan, harga panel surya dan baterai pembangkit listrik tenaga surya semakin murah, tren harganya ke depan makin turun. "Ke depan akan ada revolusi di kelistrikan. Dalam 2-3 tahun terakhir panel surya roof top booming di Jepang, Jerman, Australia, dan sebagainya," tegasnya. Sekarang diperkirakan ada 10 juta rumah di Pulau Jawa yang termasuk kelas menengah atas. Kalau sepersepuluhnya saja memasang solar panel berkapasitas 1 kWp di atap rumah, sudah ada tambahan listrik 1.000 Megawatt (MW) dari tenaga surya. Ia optimistis panel surya bakal populer di Indonesia. Bersama pemerintah dan berbagai asosiasi lainnya, AESI membidik pemasangan panel surya di sejuta atap rumah. "Kalau 1 juta rumah saja pasang 1 kWp, berarti sudah 1.000 MW, sudah cukup besar," tutupnya Panel surya adalah alat yang terdiri dari sel surya yang mengubah cahaya menjadi listrik. Mereka disebut surya atas Matahari atau "sol" karena Matahari merupakan sumber cahaya terkuat yang dapat dimanfaatkan. Panel surya sering kali disebut sel photovoltaic, photovoltaic dapat diartikan sebagai "cahaya-listrik". Sel surya atau sel PV bergantung pada efek photovoltaic untuk menyerap energi Matahari dan menyebabkan arus mengalir antara dua lapisan bermuatan yang berlawanan. Jumlah penggunaan panel surya di porsi pemroduksian listrik dunia sangat kecil, tertahan oleh biaya tinggi per wattnya dibandingkan dengan bahan bakar fosil - dapat lebih tinggi sepuluh kali lipat, tergantung keadaan. Mereka telah menjadi rutin dalam beberapa aplikasi yang terbatas seperti, menjalankan "buoy" atau alat di gurun dan area terpencil lainnya, dan dalam eksperimen lainnya mereka telah digunakan untuk memberikan tenaga untuk mobil balap dalam kontes seperti Tantangan surya dunia di Australia. Pada 2001 Jepang telah memasang kapasitas 0,6 MWp tenaga surya puncak, sementara itu Jerman memilik 0,26 MWp dan Amerika Serikat 0,16 MWp. Pada saat ini tenaga listrik surya seluruh dunia kira-kira sama dengan yang diproduksi oleh satu kincir angin bear. Di AS biaya pemasangan panel surya ini telah jatuh dari $55 per watt puncak pada 1976 menjadi $4 per watt peak di 2001.























Komentar

  1. http://inserieselectronics.blogspot.com/2018/06/inserieselectronics.html - Visited : http://inserieselectronics.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nice information - Visited : http://inserieselectronics.blogspot.com/

      Hapus
  2. Kadal soank - Visited : http://inserieselectronics.blogspot.com/

    BalasHapus
  3. Mantaps - Visited : http://inserieselectronics.blogspot.com/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inseries Electronics Indonesia

Gallery Ikan Mas Koki